Saturday, January 7, 2017

Indonesia and Traveling




Belum juga seminggu di Indonesia udah pengen balik lagi ke Spanyol. Entah ada sihir apa sampe jatuh cinta sama negeri matador itu. Mungkinkah ini sihir cinta? Hoho
Anyway, talking about jalan-jalan. Ada satu kebiasaan orang Indonesia yang menurutku nggak perlu dilestarikan, yaitu minta oleh-oleh. Heran ya, jaman sekarang masih aja pada suka minta oleh-oleh. Walaupun becanda, tapi terkadang agak bikin stress juga. Apalagi aku tipe orang yang nggak tegaan, rasanya pengen nyenengin semua orang. Tapi apa daya, aku jalan-jalan juga sebagian pake duit sendiri dan sebagiannya lagi pake duit orang alias ngutang (a.k.a kartu kredit). Wkwk
Sebenernya nggak masalah kalo minta kenang-kenangan dari tempat yang aku kunjungi, tapi alangkah baiknya kalo bahasanya itu “nitip” jadi kirimin uang dulu baru terima barangnya. Kan jadi sama-sama enak. Aku nggak perlu puasa, dan yang nitip nggak perlu bayar ongkir buat dapetin barang yang diinginkan. Tapi kalo nitip ya juga kira-kira, jangan sampe harus berurusan sama Customs karena bawa belanjaan terlalu banyak. Ntar kena denda juga. Kasian yang bawa kan.
Perlu diketahui, orang yang hobi traveling belum tentu berduit banyak. Terkadang mereka harus sangat berhemat sampe puasa demi bisa traveling ke tempat impiannya. Udah gitu disana juga extra perhitungan kalo mau ngeluarin duit, takut nggak bisa pulang. Wkwk. Bukan pelit lho. Perlu dibedakan mana yang pelit, mana yang irit.
Aku yakin budaya Indonesian travellers tetep sama, pasti bakal beli oleh-oleh, entah untuk orang tua, saudara, atau sahabat. Mungkin traveller dari seluruh dunia juga gitu. Karena membahagiakan orang tentu juga bisa bikin kita bahagia, tapi ya saling mengerti aja.
Nowadays seneng deh liat makin banyak Indonesian travellers bertebaran di seluruh dunia,
banyak nemuin blog-blog tentang tips traveling hemat juga. Tapi sayangnya di jaman kayak gini ternyata masih ada juga yang mencibir orang Indonesia yang suka traveling ke luar negeri. Yang ngatain buang-buang uang lah, sok lah, nggak nasionalis, etc. Mereka-mereka yang mikir kayak gitu mungkin butuh piknik ya, butuh melihat dunia luar yang jauh berbeda dari negeri kita. Bukannya nggak cinta negeri sendiri, tapi terkadang kita perlu melihat negeri lain untuk tau mana yang benar-benar dirindukan untuk kembali. Kita diberi anugerah tubuh yang sempurna, dengan 2 kaki untuk berjalan, bukan untuk duduk. Jadi kenapa harus tetap bertahan di satu tempat sepanjang waktu? Udah deh, tutup telinga aja kalo denger yang begituan. Mereka nggak akan pernah mengerti gimana serunya traveling ke luar negeri kecuali mereka juga pernah merasakan dan menikmatinya.
Well, it’s a lot safer if you just stay at one place, but sometimes getting out of your comfort zone makes you grown up. Aku sendiri emang baru beberapa kali traveling ke luar negeri dan jalan sendirian, tapi so far aku menikmati. Kalo ditanya, “emang enak jalan sendiri di negeri orang?”...jujur aja, jawabannya nggak. But trust me, we will always make friends. Kita nggak akan pernah kesepian karena masih banyak orang-orang baik yang bisa kita temui di luar sana. Kelebihannya kalo jalan sendiri, kita bebas nentuin itinerary, mau kemana aja dan berapa lama disana. Sedangkan kalo traveling sama temen, enaknya ada temen ngobrol, jadi kalo ada momen menarik bisa langsung di share.
Jadi inget deh pertama kalinya ketemu sama orang Spanyol dan mulai berdoa supaya bisa ke Spanyol. Waktu itu aku jadi salah satu organizer di sebuah event internasional yang diadakan di Lombok. Karena aku suka bahasa Spanyol, jadi aku deketin lah si bapak perwakilan dari Spanyol, berharap dapet info soal kuliah atau kursus bahasa Spanyol. Nah, suatu waktu dia mau beli oleh-oleh khas Lombok, tapi nggak punya rupiah. Alhasil aku tawarin lah buat nukerin uang dollar-nya sama uang rupiahku. Si bapak setuju dan ngasih USD20 yang waktu itu nilai tukarnya masih sekitar IDR8000/dollar. Ujung-ujungnya ternyata aku salah ngitung, dan aku ngasih si bapak kelebihan. Tapi nggak enak dong minta lagi. Jadi dengan penuh keikhlasan (nggak penuh-penuh juga sih :p) aku anggep aja beramal sama si bapak, siapa tau suatu saat bisa ke Spanyol pake amalan itu. Hehe. Kemudian uangnya aku simpen. Aku janji nggak bakal pake uang itu sampe aku bener-bener berhasil ke Spanyol. Eh, bener juga. Alhamdulillah 3 tahun setelah itu, aku bisa ke Spanyol, walaupun uangnya aku pake waktu transit di Dubai. Masih ada USD10, aku sengaja simpen lagi sebagai bekal buat balik ke Spanyol. Alhamdulillah bener lagi, tahun kemaren jadi balik ke Spanyol. Hihi..percaya nggak percaya ya. Tapi sekarang uang itu udah aku tukerin di Singapore, soalnya next trip aku bakal balik dengan sisa uang Euro yang belum terpakai kemaren. Aamiin :D

Ini dia dollar penuh kenangan :p

However, apapun pilihanmu, lakukan dengan sepenuh hati. Semua orang bisa traveling, asal ada kemauan dan usaha. Yang perlu diinget, akan ada masanya kita lelah berjalan dan akan stay di satu tempat. Tapi ketika itu terjadi, kita akan punya banyak cerita untuk dibagikan, karena traveling akan mengubahmu dari yang pendiam menjadi pendongeng. Ya kurang lebih seperti aku, dari dulu nggak pernah terdengar suaranya, sekarang sedikit demi sedikit jadi bisa bersuara :p
Khusus buat cewek-cewek yang punya impian seperti aku, jangan berhenti berusaha untuk mencapainya. Keep walking, keep climbing..even if you have to do it alone. Emang bakal banyak yang berusaha menghentikan langkahmu karena nggak biasa bagi cewek traveling sendirian. Yang penting kalo mau jalan sendirian harus dipersiapkan matang-matang. Kalo ragu mending cari temen jalan.
Sekali lagi tulisan ini ditujukan untuk temen-temen yang punya impian traveling ke luar negeri tanpa harus terbebani dengan oleh-oleh dan omongan orang. I encourage you to go out of your country, explore others, find yourself, and fall in love. Hehe
Makasih banyak masih setia ngikutin blogku yang kadang isinya nggak jelas ya. I just want to share, because I care about you, my Indonesian fellow travellers..


“Traveling can help you discover yourself. Being away from family make you wiser and somehow make you value them more.” -- dechabee

No comments:

Post a Comment