Sunday, November 9, 2014

First Trip to Europe (part 1)

Jalan mencapai impian memang bener-bener nggak mudah. Aku pikir puncak masalah adalah saat ngajuin visa, tapi ternyata nggak. Satu demi satu masalah dateng di saat-saat keberangkatan. Mulai dari saat aku kehilangan sahabatku hingga permasalahan cuti dari tempatku bekerja. Baru seminggu setelah dapetin visa, aku kehilangan sahabat baikku untuk selama-lamanya. Dua minggu kemudian aku dapet kendala saat mengajukan cuti di tempatku bekerja sampai aku hampir memutuskan untuk resign. Lebih baik aku kehilangan pekerjaan daripada batal berangkat, pikirku saat itu. Setelah berdiskusi dengan bosku, aku tau letak masalahnya, dan ujung-ujungnya dapet ijin juga. Yeaahh!!

Tanggal 16 Oktober aku memulai perjalananku dari Lombok menuju Jakarta. Pesawatnya sempat delay dan pengambilan bagasi lama banget padahal udah harus ke Terminal 2 untuk check in penerbangan internasional. Untungnya saat itu bapakku lagi ada di Jakarta dan sengaja ketemu di bandara sebelum balik ke Lombok, jadi ada yang bantuin bawa koperku. Sempat sedih juga belum banyak ngobrol sm bapak udah harus masuk ruang check in. Singkat cerita, akhirnya aku cek in lah di counter Emirates. Selesai check in diminta ke bagian imigrasi untuk dapetin stempel sebelum keluar Indonesia. Nggak ribet sih, tinggal ngantri di barisan “Indonesia” trus dapet deh.

Setelah itu aku menuju ke ruang tunggu. Disana aku nunggu sekitar 30 menit sebelum boarding. Pesawat Emirates EK 359 jadi saksi perjalanan pertamaku ke luar negeri. Pesawatku berangkat pukul 00.40. Super excited? Yes..but so nervous at the same time. Kurang lebih selama 8 jam perjalanan aku nggak bisa tidur. Walaupun disediakan tv penuh dengan entertainment tapi tetep aja nggak bisa menikmati perjalanan. Sempat juga nahan pipis berjam-jam gara-gara yang di sebelah lagi tidur pules. Ditambah, laper dan haus karena mbak-mbak pramugari belum nawarin makanan. Pokoknya terasa lamaaa banget 8 jam itu >.<
Film-film baru ada disini. Bisa muter lagu sendiri juga pake USB

Setelah “tersiksa” selama beberapa jam, akhirnya makanan datang dan bapak-bapak di sebelahku bangun. Yap, saatnya beraksii..!! Makanannya enak-enak banget, toiletnya juga super nyaman. 8 Jam pun berlalu..dan pesawatku tiba di airport Dubai untuk transit. Airport ini bener-bener luar biasa...ngalah-ngalahin mall! 4 jam nunggu waktu boarding sama sekali nggak kerasa. Untuk pindah dari terminal kedatangan ke terminal keberangkatan juga pake kereta saking gedenya. Jam menunjukkan pukul 09.10..itu saatnya pesawatku take off menuju Fiumicino (Italia). Kali ini naik Airbus A380 yang merupakan the world’s largest passenger airline. Disini selain makanannya lebih banyak, bisa pake wifi juga. Perjalanan yang ditempuh dari Dubai ke Fiumicino adalah kurang lebih 6 jam. Sesampainya di airport Leonardo da Vinci, kita langsung diarahkan ke bagian imigrasi untuk minta stempel kedatangan. Ngantrinya panjang banget bo! Tapi untungnya nggak ditanya macem-macem sama petugas, cuma diliatin dan ditanyain darimana asalku.

Menunya kayak gini, enak enaakkk :D

Lolos dari imigrasi, aku langsung menuju pengambilan bagasi. Nggak lama langsung nemu koperku. Sempat bingung mau kemana setelah itu soalnya yang jemput belum bisa dihubungi, tapi untungnya ada orang Indonesia yang bantuin dan kita sama-sama ke stasiun kereta. Dari airport ke stasiun Roma Termini kita naik kereta Leonardo Express, bayarnya 14 euro. Sesampainya di stasiun, kita coba nyari telepon umum. Untuk nelpon, kita mesti masukin koin 50 cent. Percobaan pertama gagal, duit ketelen tapi nggak bisa nelpon karena ternyata telponnya rusak. Karena kehabisan koin, akhirnya kita memutuskan untuk beli SIM card dengan nomer Italia. Di stasiun ini cuma bisa nemu provider TIM, jadi mau nggak mau beli itu deh. Harganya lumayan mahal, sekitar 40-an euro untuk paket nelpon dan internetnya plus paket roaming internasional. Mungkin termasuk murah sih kalo disana -_-
Tapi nyebelinnya, udah beli ternyata belum bisa dipake karena ada masalah teknis -_-‘
Telepon umum, sang penyelamat hidup. hihi
Akhirnya kembali ke telepon umum dan berhasil juga. Setelah dapet kepastian dimana ketemu, aku langsung beli tiket kereta cepat dari Roma Termini ke Napoli Centrale. Kereta Frecciarossa yang berangkat jam 17.45 harganya 43 euro. Kalo yang lebih murah sih ada, tapi ntar ganti kereta di tengah perjalanan. Kata mas-mas yang bareng aku, untuk first timer lebih baik naik yang langsung biar aman. Italia emang terkenal kurang aman, terutama di stasiun kereta. Turis Asia udah sering jadi korban disini. Perjalanan dari Roma ke Napoli cuma ditempuh selama 1 jam 10 menit dengan kereta ini. Setibanya di stasiun Napoli Centrale, aku masih harus nyari telpon umum untuk menghubungi si penjemput. Sempat muter-muter beberapa menit akhirnya nemu juga di deket pintu masuk. Ternyata si penjemput juga agak telat datengnya, aku diminta nunggu sekitar 20 menit. Muter-muter nggak jelas di stasiun sempat bikin parno, soalnya banyak yang ngeliatin dengan tatapan mengerikan. Aku pun coba nyari tempat duduk dan nemu di sebelah nenek-nenek. Entah nenek itu kurang waras atau gimana, tapi dia tiba-tiba marah dan ngata-ngatain aku dalam bahasa Italia. Aku coba tanya ke pria berkebangsaan Pakistan di sebelahku. Dia pun nggak ngerti. Akhirnya aku pindah sebelum nenek itu makin geje. 20 menit udah berlalu tapi yang jemput belum juga dateng sampe hampir 1 jam dia baru nongol, itupun setelah aku telpon lagi. Surprised..langsung disapa dengan cipika cipiki. Oh iya..emang gitu cara orang Italia menyapa.